Artikel
Keutamaan Shalat Tahajud dan Waktu Mustajab Untuk Berdoa
Keutamaan Shalat Tahajud dan Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Berdasarkan firman Allah QS. Al-Israa’ ayat 79 yang berarti,

“Dan pada sebagian malam hari bershalatlah tahajud kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu Semoga tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji”
 
Shalat tahajud merupakan shalat sunnah malam yang dilaksanakan pada waktu sepertiga malam setelah tidur terlebih dahulu.
 
Waktu utama shalat tahajud adalah pada waktu sepertiga malam terkahir yaitu sekitar pukul 01.00 sampai sebelum waktu subuh.
 
Adapun keutamaan dari shalat tahajud diantaranya sebagai berikut :

1.Penenang dan pengobat hati

Rasul Shalallahu alaihi Wassalam bersabda, “Lakukanlah shalat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala penyakit dari tubuh.”.
 
 
2.Memperkuat keimanan

Allah Ta’ala menjanjikan bermacam-macam nikmat yang menyenangkan hati sebagai balasan bagi orang yang melaksanakan shalat tahajud (QS as-Sajdah: 16-17).
 
 
3.Dikabulkan doa

Seperti kutipan dari Imam Syafi'i, "Doa shalat tahajud adalah laksana anak panah yang tak pernah melesat dari sasarannya.".

Shalat tahajud merupakan waktu mustajab untuk dikabulkannya doa. Begitu dahsyat keutamaan ini sehingga setiap muslim pun dianjurkan untuk melaksanakannya.
 
 
4.Dimudahkan segala urusan

"Allah Subhanahu wa Ta’ala turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Kemudian Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku akan Aku ijabahi doanya, siapa yang meminta-Ku akan Aku beri dia, dan siapa yang minta ampunan kepada-Ku akan Aku ampuni dia.” (HR. Bukhari 1145) .
 
Dengan senantiasa sungguh-sungguh melaksanakan shalat tahajud kemudian meminta pertolongan dari Allah Subhanahu wa Ta'ala. Maka, Insha Alloh segala urusannya akan Allah mudahkan dan derajatnya akan Allah Subhanahu wa Ta'ala naikkan.
 
 
5.Menambah kemuliaan dan kewibawaan

Selain dimudahkan segala urusan, orang yang senantiasa menunaikan shalat malam pun akan dilimpahkan kemuliaan dan ditambah kewibawaannya

وَاعْلَمْ أَنَّ شَرَفَ الْـمُؤْمِنِ قِيَامُهُ بِاللَّيْلِ

“Dan ketahuilah, bahwa kemuliaan dan kewibawaan seorang mukmin itu ada pada shalat malamnya” (HR. Hakim)






Artikel Lainnya